koleksi photo

TRANSLATION

bidvertiser

tingkatkan traffic anda

Traffic

gabung dengan saya

Komisigratis

silahkan di klik

download mp3

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

radio

Sabtu, 01 Januari 2011

SOLUSI SEHAT

Awal tahun baru adalah saatnya melaksanakan resolusi (tekad) menjalani kehidupan baru yang lebih sehat, yang selama ini selalu ditunda-tunda. Inilah waktunya untuk berubah. Kalau bukan saat ini, kapan lagi Anda akan melakukannya? Tidak ada hari yang lebih sempurna dari hari ini. Kemarin sudah lewat dan besok mungkin terlambat. Sembilan langkah berikut dapat menjadi bagian dari daftar resolusi Anda di tahun baru.

1. Berolah raga teratur

Ini harus menjadi kebiasaan baru Anda yang terpenting karena menjadi kunci mengatasi hampir semua masalah kesehatan. Olahraga teratur memberikan manfaat kesehatan lebih dari apa pun yang dikenal manusia. Olahraga menjaga otot-otot dalam keadaan baik, merangsang aliran darah dan membuat Anda merasa bugar secara fisik dan mental. Cobalah untuk berolah raga 3 kali seminggu, selama sekitar 30 menit. Lakukanlah secara konsisten dalam 3 bulan, tak peduli seberapa sibuknya Anda, maka kebiasaan baru pun akan terbentuk. Seperti orang bilang, first you make a habit, later the habit makes you. Pertama Anda akan menciptakan kebiasaan, selanjutnya kebiasaan akan membentuk Anda. Anda tidak dapat lepas darinya.habit: july 5photo © 2010 Liz | more info (via: Wylio)

2. Makan makanan sehat

Apa yang Anda makan berpengaruh besar pada cara kerja tubuh Anda. Diet seimbang sangat penting untuk kesehatan yang baik. Perkaya diet Anda dengan serat dari buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kurangi makanan buruk yang kelebihan garam, berpemanis/ berpewarna/ bercitarasa buatan dan berlemak tidak sehat. Bila perlu, tuliskan dalam buku catatan apa saja yang Anda makan selama seminggu. Mengetahui apa saja yang Anda makan dari hari ke hari dapat mendorong Anda untuk disiplin menjaga pola makan.

3. Mengurangi stres

Dalam kehidupan modern ini, semua orang menjalani hidup penuh stres. Stres kronis dapat menyebabkan hipertensi, pencernaan buruk, sistem kekebalan tubuh lemah dan masalah kesehatan lainnya. Kita semua perlu relaksasi. Ambil langkah-langkah mengurangi stres jika Anda merasa kewalahan. Stres berkontribusi pada banyak masalah kesehatan yang parah, sehingga sangat penting untuk mengatasi stres lebih awal.

4. Tidur dengan baik

Tidur dan istirahat sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur berkaitan dengan stres, depresi, penekanan sistem kekebalan, dan obesitas. Menurut sebuah studi, orang yang tidur rata-rata enam jam semalam berisiko 42% lebih tinggi terkena hipertensi dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam. Secara umum, Anda disarankan tidur selama tujuh jam sehari. Namun, setiap orang membutuhkan waktu yang sedikit berbeda.

5. Minum air yang cukup

Air sangat penting untuk semua orang, dan juga kunci untuk menurunkan berat badan. Air berperan penting untuk mengatur suhu tubuh Anda, melumasi sendi, meningkatkan energi Anda, menghilangkan sampah dari tubuh Anda. Minumlah sekitar delapan gelas air per hari.

6. Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan adalah sumber berbagai macam penyakit. Bila Anda kelebihan berat tetapkan sasaran yang wajar dan fokuslah padanya sampai berhasil. Penurunan berat badan bertahap sekitar 3-4 kg per bulan adalah tingkat yang direkomendasikan para ahli. Kunci pengurangan berat badan adalah kedisiplinan dalam menjaga asupan kalori dan meningkatkan pembakarannya.

7. Berhenti merokok

Bahaya merokok bagi kesehatan tidak seorang pun dapat menyangkalnya. Jika Anda telah memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda tahun ini, lakukanlah. Bahkan jika Anda pernah mencoba untuk berhenti sebelumnya dan gagal, janganlah berputus asa. Rata-rata, perokok mencoba sekitar empat kali sebelum mereka berhenti untuk selamanya.

8. Melakukan Medical Check-up

Medical check-up berkala sangat disarankan terutama bila usia Anda sudah di atas 40 tahun. Bila Anda belum pernah menjalaninya, tahun ini adalah saat yang tepat untuk Anda. Fokus Anda paling tidak pada masalah kesehatan potensial yang Anda/dokter Anda curigai atau keluarga Anda memiliki riwayat mengenainya. Banyak penyakit degeneratif yang menurun di dalam keluarga. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semakin cepat Anda mendeteksi masalah, semakin besar peluang Anda mengatasinya.

9. Meningkatkan kesadaran kesehatan Anda

Untuk mencapai kehidupan yang bahagia dan sehat, Anda perlu mengetahui banyak aspek kesehatan. Mengetahui masalah-masalah kesehatan umum, gejala dan teknik pencegahannya, pengetahuan tentang vitamin dan mineral, perawatan kulit yang tepat dan postur tubuh yang benar, dan lainnya akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan Anda. Bila Anda belum melakukannya, mulai saat ini jadikan membaca buku, majalah dan situs kesehatan sebagai bagian dari kebiasaan baru Anda. Kunjungilah MajalahKesehatan.com secara berkala. Ada ratusan artikel di dalamnya yang tidak habis Anda baca selama berjam-jam. :-)


sumber:
http://majalahkesehatan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas kritik dan sarannya.jangan sungkan untuk mampir lagi

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Entri Populer